Frequently Asked Question

Halaman ini memuat tentang pertanyaan-pertanyaan yang cenderung sering ditanyakan. Mungkin ada yang ingin tahu seluk-beluk Penerbit Maneno Books. Sebelum bertanya, Anda bisa cek pertanyaan Anda dulu di sini, siapa tahu sudah terjawab.

Q: Penerbit Maneno Books ini sebenarnya indie atau major?

A: Penerbit Maneno Books adalah penerbit independen. Perbedaannya secara signifikan terletak dari jumlah cetakan yang dihasilkan dan tentu saja proses penerbitannya. Kami memang menerbitkan naskah apa saja, tanpa seleksi. Tidak seperti penerbit major yang harus menyeleksi terlebih dahulu naskah. Selain itu, letak perbedaan lain adalah, kami membebani biaya penerbitan dan biaya cetak pada penulis. Namun, kami tetap memberi penulis subsidi biaya untuk hal-hal lain seperti desain sampul buku, juga biaya penata letak.

Q: Kenapa penulis harus membayar biaya layanan penerbitan di Maneno Books?

A: Hal ini tentu saja karena kami bukan penerbit besar yang bermodal banyak. Namun, biarpun independen, kami berusaha menyajikan yang terbaik bagi pembaca tulisan Anda, mulai dari sistem editing dan sampul yang dibuat oleh desainer sampul berkualitas. Karena kami harus membayar jasa para pihak yang telah membantu Anda menerbitkan dan mencetak buku, tentu saja kami membutuhkan dana. Dana inilah yang kami dapatkan dari Anda sebagai penulis. Namun, jangan khawatir! Penulis nanti akan mendapatkan royalti juga dari setiap buku terjual.

Q: Memang berapa royalti yang kami dapatkan sebagai penulis?

A: Royalti penulis saat ini adalah 10% dari harga jual buku. Misal, harga jual buku Anda adalah Rp 45.000,- maka Anda akan mendapat royalti sebesar Rp 4.500,- untuk tiap buku yang terjual. Itu berarti, jika buku Anda laris dan terjual 1000 eksemplar, maka Anda akan mendapatkan royalti sebesar Rp 4.500.000,- 

Q: Di mana buku-buku kami dijual?

A: Buku para penulis yang diterbitkan lewat Maneno Books, akan dijual melalui situs kami dan sosial media. Selain itu, kami juga berusaha untuk mencari marketplace yang sesuai dan bersedia menjual buku Anda. Selain itu, Anda sebagai penulis juga dipersilakan untuk mempromosikan buku Anda sendiri agar semakin laris.

Q: Apakah bisa dijual lewat toko buku?

A: Tentu saja bisa! Namun, menjual buku lewat toko-toko buku konvensional memerlukan pihak distributor atau agen buku dalam proses penyebarannya. Ada syarat-syarat bagi distributor untuk menyebarkan buku ke toko-toko, salah satunya adalah: buku yang dicetak minimal adalah 1000 eksemplar. Jika  kurang dari itu maka kemungkinan distributor tidak bersedia membantu.

Mencetak 1000 eksemplar, tentu saja biayanya akan dibebankan pada penulis, sebab Maneno Books yang masih bertaraf independen belum memiliki biaya besar untuk mencetak hingga 1000 eksemplar.

Q: Kapan royalti kami dikirimkan?

A: Royalti penjualan umumnya dikirim per semester, atau enam bulan sekali. Enam bulan ini akan dihitung dari tanggal rilis buku Anda. Kami akan memberikan laporan penjualan buku setiap kami mengirimkan royalti pada nomor rekening yang telah Anda sertakan saat proses penerbitan naskah.

Q: Wah, saya tertarik untuk mengirim naskah! Ke mana saya bisa mengirim naskah?

A: Anda bisa langsung mengirimkan naskah lewat surel kami di redaksi@manenobooks.com, atau lebih jelasnya bisa dibaca lewat halaman kirim naskah.

Q: Lalu, bagaimana ketentuan naskahnya?

A: Ketentuan pengiriman naskah juga telah kami tulis secara jelas pada halaman ketentuan naskah

Q: Jika saya sudah punya naskah utuh dan ingin memakai layanan cetak saja apakah bisa?

A: Tentu saja bisa. Kami juga menerima naskah utuh untuk dicetak. Naskah dapat dikirim ke surel redaksi kami dengan format berkas siap cetak yaitu *.pdf. Sertakan juga sampul dengan resolusi tinggi dan siap cetak tanpa edit lagi.