Review Mortal Engines karya Philip Reeve

Mortal Engines | Images from www.mortalenginesmovie.com

Halo, sobat Maneno Books! Sekarang saatnya mengulas salah satu buku Sci-Fi yang sudah dijadikan film. Mortal Engines karya Philip Reeve.

  • Title: Mortal Engines
  • Author: Philip Reeve
  • Publisher: Mizan Fantasi
  • Pages: 377

Buku ini menceritakan tentang kondisi bumi beberapa abad di masa depan–saat di mana manusia hidup dalam pilihan, mau bertahan di tempat statis atau memilih melayang dan berjalan dalam sebuah kota yang digerakkan oleh mesin canggih. Bumi tidak seperti yang kita bayangkan, hanya daratan kosong tempat nyawa bisa meregang seketika.

Manusia terpecah menjadi dua bagian sesuai dengan tempat mereka tinggal, penduduk Anti-Traksi (yang memilih untuk tinggal di tempat statis) atau penduduk Traksi (yang tinggal di kota-kota bergerak). London adalah salah satu kota yang memilih untuk menjadi Traksi, digerakkan oleh beberapa serikat keahlian, berusaha mempertahankan diri dari di-“lahap” oleh kota lain dan me-“lahap” kota-kota yang lebih kecil.

Tokoh utama dari cerita ini adalah Tom Nasworthy, yang merupakan anak dari serikat sejarawan, dan Hester Shaw yang tadinya adalah salah satu penduduk kota Traksi kecil yang pada akhirnya menjadi santapan London. Mereka berdua akhirnya terdampar di Negeri Luar (daratan tak berpenghuni) dan berusaha mencari jalan pulang ke London dengan tujuan yang berbeda. Tom ingin kembali pulang, sementara Hester ingin membunuh Valentine, tokoh antagonis yang menjadi pahlawan bagi London.

Bagian favorit dari penulis adalah saat di mana mereka berdua akhirnya mengetahui bahwa salah satu dari anggota serikat teknik ternyata membuat sebuah senjata pembunuh massal, menyebabkan keduanya akhirnya berpacu dengan waktu untuk menghentikan rencana jahat itu. Kematian silih berdatangan kepada keduanya, membuat mereka ragu bahwa hidup mereka tak akan lagi sama.

Akhir cerita, buku ini sangat cocok sekali untuk pembaca yang suka dengan teknologi lebih maju dari yang sudah ada saat ini. Dipadukan dengan unsur-unsur petualangan yang ciamik dan sisi emosional dari masing-masing tokoh utama. Recommended! Salah satu novel dystopia yang harus kalian miliki.