Tren Desain Sampul Buku dengan Kolase

Admin akhir-akhir ini sedang gemar mencari sampul buku yang berbeda dari biasa. Bukan sekadar ilustrasi, bukan sekadar tipografi, tapi admin Maneno Books juga sedang menyukai sampul buku yang memakai konsep kolase.

Kolase sendiri adalah teknik mengomposisi berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar atau latar belakang polos. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Teknik komposisinya juga cenderung berantakan, tapi tetap artistik jika kita perhatikan lebih lama. Malah, menurut Admin, komposisi seperti ini sangat unik.

Lantas, bagaimana jika konsep kolase diterapkan pada sampul buku? Apakah bisa?

Jawabannya, tentu saja bisa! Bahkan, saat menulis artikel ini, Admin masih memilah beberapa sampul buku menarik dari berbagai penerbit di seluruh dunia. Nah, mau tahu seperti apa jika kolase ini dijadikan konsep sampul buku? Simak beberapa contoh sampul kolase di bawah ini.

1. Alice’s Adventure in Wonderland

Buku petualangan Alice di negeri yang absurd ini mungkin sudah sering kita baca dalam berbagai versi sampul. Namun, rupanya Penguin Books pernah membuat versi sampul cerita Alice dalam format kolase. Latar belakang sampul terlihat seperti kain berwarna cokelat, atau kertas buram mungkin. Sementara, ada foto gadis kecil bergaun unik yang digunting dan ditempel kembali ke atas lapisan koran. Desain tumpuk seperti ini mengingatkan Admin saat dulu masih gemar membuat zine. Beginilah penampakan kolase sampul Alice versi Penguin Books ini.

Sampul Alice (Sumber: Pinterest)

2. Billy Liar – Keith Waterhouse

Masih dari Penguin Books. Buku yang terbit pertama kali pada tahun 1988 ini bercerita tentang cerita jenaka seorang anak lelaki yang ingin kabur dari kehidupan membosankan keluarganya melalui fantasi. Memang kurang lebih ceritanya untuk anak-anak dan masih bernuansa fantasi anak-anak. Salah satu konsep sampulnya yang baru-baru ini saya temukan dari situs Penguin (penerbit buku ini), adalah konsep kolase konvensional. Ada beberapa buku yang sampulnya dikolase secara digital, tapi yang ini sepertinya masih menggunakan metode gunting tempel.

Novel Billy Liar (Sumber Gambar: 99designs-blog.imgix.net)

3. Animal Farm dan 1984 – George Orwell

Dua buku yang masih fenomenal ini adalah karya George Orwell, penulis berkebangsaan Inggris. Animal Farm dan 1984 telah banyak diterbitkan dan dialihbahasakan, tentunya dengan berbagai versi sampul yang sama menariknya. Admin menemukan salah satu sampul tersebut (versi Gotham Books), memakai konsep kolase. Pembuat sampul ini bernama Joshua Laub, dan membuat kolase manual dari koran serta majalah-majalah bekas, melakukan gunting-tempel, lalu memindai hasil kolase. Desain akhir dari hasil scan, baru dilakukan retouch dan ditambahkan tipografi menggunakan aplikasi desain. Hasilnya tentu saja keren, seperti ini!

Sampul Animal Farm (Sumber: Joshua Laub)

4. The Big Sleep (A Philip Marlow Mystery) – Raymond Chandler

Salah satu lini Penguin Books, yaitu Penguin Crime, telah banyak menerbitkan karya-karya Raymond Chandler bersama detektif rekaannya yaitu Philip Marlowe. Banyak juga perubahan desain sampul yang terjadi, mulai dari minimalis, tipografi, hingga kolase. Nah, Admin kebetulan menemukan format sampul kolase untuk salah satu serinya yang berjudul The Big Sleep. Berikut ini penampakannya, dengan latar belakang merah-krem dan gambar kamera yang digunting-tempel.

Sampul The Big Sleep (Sumber: Killer Covers of the Week)

Itulah empat contoh desain sampul kolase yang Admin temukan dan jadikan contoh di artikel ini. Lalu, bagaimana kalau Maneno Books menerbitkan buku dengan sampul seperti itu? Apakah teman-teman akan tertarik untuk memilikinya? Share di kolom komentar ya!

***
Credits:
– Featured Image from Pexels.com.
– All the mentioned link in the caption.