Review Para Pecandu Deteksi karya M.Fadli

Halo sobat Maneno Books! Pada post kali ini, saya akan mengulas salah satu buku kumpulan cerita detektif karya penulis Indonesia lho!

Judul kumpulan cerpen ini adalah Para Pecandu Deteksi karya M.Fadli (Founder Detectives_ID).

Sebelum kita mulai ulasannya, kita simak sedikit sinopsis dari buku tersebut:

Pengungkapan masalah kriminal dan penegakkan keadilan oleh seorang -atau sekelompok- detektif sudah berlangsung berabad-abad lamanya. Bukan hanya di belahan benua Eropa dan Amerika saja, tapi juga di Asia, termasuk di Indonesia. Para detektifnya pun tidak hanya terdiri dari para petugas profesional. Mereka muncul dari berbagai kalangan. Termasuk beberapa tokoh dalam cerita fiksi di buku ini, Ada lima tokoh lokal yang menjadi main hero dalam lima cerita dengan latar waktu dan lokasi berbeda. Yang menjadi persamaan dari mereka adalah rasa tidak tenang ketika melihat sebuah kasus kriminal terbengkalai dan tidak terpecahkan. Bukankah itu hakikat dari semua para pecandu deteksi di seluruh dunia?

Bagaimana? Sudah mulai tertarik? Kalau belum, Maneno Books akan bahas beberapa sisi menarik dari buku ini.

1.Tokoh-tokoh yang Tidak Disangka

Polisi memecahkan kasus? Biasa. Atau detektif swasta? Biasa juga.

Jadi, inilah kata kuncinya, “Bagaimana kalau yang memecahkan kasus tersebut adalah seorang ustaz?” (Hah? Serius nih?) Atau seorang mahasiswa jurusan kriminologi yang baru saja anget-angetnya lulusdari bangku kuliah? Tentu saja tidak biasa.

Buku ini mengajarkan kita, bahwa profesi apa pun yang kita jalani sekarang, kita tetap bisa menjadi seorang detektif. Hanya satu hal penting yang dibutuhkan yaitu rasa peduli. Setiap yang “hitam” di bumi ini, sudah pasti ada yang “putih”. Ketika kejahatan telah terjadi, sudah tugas masing-masing manusia untuk membasminya. Jadi, masih memilih diam?

2. Subgenre Variatif

Semua pembaca fiksi kriminal, yang baru saja terjun maupun yang sudah membaca banyak buku, pasti mengenal beberapa subgenre di dalam fiksi kriminal. Ada locked room, di mana lokasi sebuah kejahatan ini “mustahil” terjadi, hard boiled di mana detektif sangar melawan penjahat kelas kakap, inverted, yaitu cerita yang pertanyaan utamanya bukan “siapa yang melakukan” tapi “bagaimana menangkapnya”.

Variasi subgenre inilah yang juga ditawarkan dalam buku. Hal ini penting sekali untuk pembaca pemula yang ingin mengenal berbagai macam genre turunan dalam fiksi kriminal. Untuk pembaca veteran juga bisa, karena dapat memperkaya khazanah sekaligus merangsang ide-ide baru dalam memunculkan cerita lain yang lebih menantang.

3. Kasus Sederhana dengan Teka-teki Menantang

Bukan cerita detektif namanya kalau tidak ada teka-teki yang harus dipecahkan, baik dari sisi pembaca maupun dari aktor utama dalam cerita itu sendiri. Kasus yang ada di buku ini sebenarnya sederhana saja, mulai dari penangkapan seorang teroris sampai dengan pembunuhan. Namun, cerita sederhana belum tentu semudah yang Anda bayangkan, karena banyak teka-teki dalam cerita ini yang terlihat gampang-gampang susah, sebab perlu ketelitian dan deduksi mumpuni untuk menyingkap kebohongan yang ada.

Secara umum, buku ini terdiri dari 221 halaman dengan 5 kasus yang harus diselesaikan. Jenis buku ini sendiri adalah kumcer misteri, dengan porsi kisah detektif yang banyak. Buku ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan oleh para pecinta fiksi kriminal.

Saya sendiri paling suka bagian di mana si detektif bilang…… (Censored! Nanti spoiler :p). Dan saya sangat ingin tahu bagian mana yang menjadi para pembaca sekalian.

“Wuih! Kayaknya seru, nih! Belinya dimana ya?”

Wah, jangan khawatir! Maneno Books menyediakan tempat untuk membeli buku ini. Silakan langsung pesan di sini atau menghubungi WA Maneno Books. Oh ya, stok terbatas! Jadi, jangan sampai kehabisan ya!